Badan Eksekutif menyetujui Panduan Registrasi Programme of Activities

Bogor, 3 Juli 2007

Badan Eksekutif CDM pada pertemuan ke-32 telah menyetujui dua buah panduan yang berkaitan dengan Programmatic CDM, yakni “Guidance on the registration of project activities under a programme of activities as a single CDM project activity (version 02)”serta “Procedures for registration of a programme of activities as a single CDM project activity and issuance of certified emission reductions for a programme of activities (version 01)”. Selain itu, telah diajukan pula draft Dokumen Rancangan Proyek (PDD) baik untuk Programme of Activities (CDM-POA-DD) maupun untuk CDM Programme Activity (CDM-CPA-DD).

Beberapa karakteristik dari Programmatic CDM adalah sebagai berikut:

Š  PoA – Programme of Activities
Adalah kegiatan terkoordinasi yang dikelola secara sukarela oleh suatu lembaga baik pemerintah maupun swasta dan bertujuan untuk mendukung kebijakan/keputusan pemerintah yang akan berpengaruh pada penurunan emisi maupun peningkatan serapan (sink) gas rumah kaca.

Suatu PoA harus dapat membuktikan bahwa: (i) tanpa adanya Programmatic CDM maka kegiatan yang diusulkan tidak akan terlaksana; atau (ii) tanpa adanya Programmatic CDM maka kebijakan/peraturan yang menjadi mandat tidak akan terselenggara secara sistematis dan tidak dapat memenuhi target/persyaratan yang ditetapkan; atau (iii) Programmatic CDM akan dapat meningkatkan level penyelenggaraan kebijakan/peraturan terkait.

Suatu PoA harus diusulkan oleh sebuah coordinating/managing entity yang juga bertindak selaku peserta proyek dan mendapat pengesahan dari semua DNA Tuan Rumah terlibat serta teridentifikasi sebagai entitas yang akan berkomunikasi dengan Badan Eksekutif dalam berbagai hal termasuk distribusi CERs.

Tanggung jawab dari manajer PoA diantaranya:
- Sebagai Focal Point dalam komunikasi dengan Badan Eksekutif

- Mengatur pembagian CER diantara para pelaksana CPA

- Menjamin bahwa CPA yang ada di bawah PoA bukan merupakan proyek CDM yang telah diregistrasi atau bagian dari PoA yang lain

- Memilih satu metodologi baseline dan monitoring dan teknologi yang bisa digunakan untuk semua CPA

- Melaporkan ke EB kalau ada CPA baru yang masuk ke dalam PoA yang sudah diregistrasi (Registered PoA) dan menjamin bahwa teknologi, metode, perhitungan kebocoran dan hal lainnya sesuai atau sama dengan yang sudah ditetapkan untuk oleh PoA yang diregistrasi tersebut.

Š  CPA – CDM Programme of Activity
Adalah suatu aktivitas proyek dibawah Programme of Activities. CPA bisa berupa aktivitas tunggal atau suatu rangkaian kegiatan yang saling berkorelasi dan bertujuan untuk menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca, dilaksanakan di lokasi/area tertentu yang telah dijelaskan dalam metodologi baseline.

Š  Batas fisik suatu PoA dapat melebihi satu negara (lintas negara) dimana setiap negara Tuan Rumah non-Annex I harus memberikan konfirmasi bahwa pelaksanaan PoA, termasuk CPA didalamnya, berkontribusi terhadap tercapainya pembangunan berkelanjutan.

Š  Jangka waktu suatu PoA tidak melebihi 28 tahun untuk proyek bidang energi atau 60 tahun untuk proyek kehutanan. Periode kredit bagi CPA bidang energi adalah 7 tahun dengan kemungkinan perpanjangan 2 kali atau maksimum 10 tahun tanpa perpanjangan, sementara bagi CPA bidang kehutanan periode kredit adalah 20 tahun dengan kemungkinan perpanjangan 2 kali atau maksimum 30 tahun tanpa perpanjangan. Namun, perpanjangan periode kredit akan dibatasi pada batas akhir periode PoA, tanpa menghiraukan kapan CPA tersebut didaftarkan.

Disetujuinya skema Programmatic CDM ini diharapkan akan dapat membantu pelaksanaan program-program maupun kebijakan pemerintah Indonesia seperti GERHAN dari Departmen Kehutanan, Listrik Pedesaan dari Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, maupun kegiatan lain yang berkontribusi pada peningkatan pembangunan sekaligus peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Informasi selengkapnya mengenai prosedur pelaksanaan Programmatic CDM bisa dilihat di http://cdm.unfccc.int


-SDA-