Indonesia Menjadi Tuan Rumah COP 13/MOP 3

21 Februari 2007

Di tengah gencarnya sorotan internasional terhadap masalah deforestasi, kebakaran hutan dan pembukaan lahan gambut, serta berbagai bencana alam terkait perubahan iklim yang terjadi belakangan ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah COP 13/MOP 3. Pertemuan ini direncanakan akan diselenggarakan di Nusa Dua – Bali tanggal 3-14 Desember 2007. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri sekitar 6000 delegasi, baik dari negara yang berkomitmen terhadap Protokol Kyoto, pelaku bisnis (pelaku bisnis industri maupun project developer di bidang CDM, JI, dan ET), ilmuwan, serta konsultan dan NGO.

COP/MOP (Convention of the Parties/Meeting of the Parties) merupakan sidang tahunan para negara yang meratifikasi Protokol Kyoto. COP 1 dilaksanakan di Berlin, Jerman pada tanggal 28 maret - 7 April 1995, sementara kegiatan MOP mulai diadakan pada COP 11 di Montreal, Kanada pada tanggal 28 November – 10 Desember 2005.

Tujuan dari COP 13/MOP 3 adalah untuk menentukan kelanjutan Protokol Kyoto setelah 2012 dan memperjuangkan mekanisme yang lebih fleksibel dan mudah bagi sektor kehutanan serta hal-hal lainnya yang terkait dengan penanganan isu perubahan iklim. Selain itu ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait dengan hasil COP 12 di Nairobi tahun lalu, diantaranya adalah belum diambilnya keputusan negosiasi tentang dana adaptasi (Adaptation Fund).

-RS, SDA & AS-