GCF 101 - Panduan Baru tentang Cara Mengakses Dana Iklim Hijau

Bogor, 21 April 2017

Green Climate Fund meluncurkan "GCF 101" yaitu sebuah panduan berbasis web baru yang menyediakan informasi rinci kepada Mitra tentang bagaimana mengakses sumber daya pendanaan iklim. Panduan ini bertujuan untuk membantu para pemangku kepentingan (GCF stakeholders) lebih banyak untuk terlibat dengan sumber pendanaan.

Empat bab yang berbeda membahas berbagai peluang yang disediakan untuk membantu negara-negara berkembang dalam menanggapi perubahan iklim, seperti: (i) pemberdayaan terhadap berbagai negara; (ii) cara mendapatkan akreditasi; (iii) proyek pendanaan; dan (iv) pelaksanaan/implementasi proyek.

Setiap bab memberikan tinjauan singkat, panduan langkah demi langkah sederhana yang menjelaskan bagaimana cara menerapkan atau mengakses sumber pendanaan, termasuk serangkaian pertanyaan yang sering diajukan yang mengundang/mendapatkan lebih banyak informasi. Melalui pendekatan ini, panduan ini meningkatkan kejelasan tentang proses utama pendanaan dan juga transparansi.

GCF 101 menggunakan bahasa non-teknis agar proses GCF mudah dipahami oleh banyak khalayak, terutama oleh khalayak non-pakar. Pendekatan ini sesuai dengan mandat GCF untuk mendukung negara atas pembiayaan iklim dan mengakui tantangan kapasitas personil yang dihadapi oleh banyak target yang didukung oleh GCF, seperti Least Developed Countries (LDCs), Small Island Developing States (SIDS) dan Negara-negara Afrika.

GCF 101 adalah sebuah karya yang sedang berjalan dan akan terus diperbaharui dan dimodifikasi saat proses berkembang.

Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi link berikut: http://www.greenclimate.fund/gcf101

 

Sumber: www.greenclimate.fund (180417)

 

-AY-