Indonesia Tuan Rumah Konferensi Limbah B3

Bogor, 23 Juni 2008

Konferensi antar bangsa tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) tingkat Dunia, atau Konvensi Basel ke-9 akan diadakan di Nusa Dua, Bali pada tanggal 23-27 Juni 2008. Acara yang bertema "Pengelolaan Limbah untuk Kesehatan Manusia dan Lingkungan Hidup" ini akan diikuti lebih dari 1000 orang dari 170 negara, termasuk 30 menteri atau pejabat setingkat menteri.

Terdapat lima isu utama yang akan dibahas pada konferensi kali ini. Pertama, persoalan teknis limbah pembongkaran kapal, limbah elektronik, dan Reuse, Recycle, and Recovery (3R). Kedua, persoalan hukum mengenai larangan impor limbah.Ketiga, peningkatan kerjasama kelembagaan dengan konvensi kimia lainnya. Keempat, kerjasama regional penguatan posisi konvensi Basel. Kelima, tentang forum dunia mengenai manajemen limbah berkaitan dengan kesehatan manusia.

Keadaan geografis Indonesia, yaitu letak yang strategis dan bentuk negara kepulauan, membuat Indonesia rawan terhadap penyelundupan dan pengiriman limbah B3 ilegal. Konvensi yang mengatur pemindahan lintas batas limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) ini diharapkan akan membentuk kesepakatan dalam bentuk deklarasi atau komitmen antar bangsa untuk lebih memperhatikan masalah pengelolaan limbah untuk kesehatan dan lingkungan.

The Basel Convention on the Control of Transboundary Movements of Hazardous Wastes and their Disposal (dikenal dengan sebutan Konvensi Basel) disepakati di Basel, Swiss pada Maret 1989 dan mulai berlaku resmi pada tahun 1992. Indonesia telah meratifikasi konvensi tersebut sejak 1993 melalui Keputusan Presiden No 61 tahun 1993. Kemudian Konvensi ini dikembangkan dengan pembentukan the Basel Protocol on Liability and Compensation for Damage Resulting from Transboundary Movements of Hazardous Wastes and their Disposal (Protokol Basel), sebuah protokol yang mengatur pelaksanaan ketentuan konvensi Basel khususnya pada tanggung jawab hukum dan ganti rugi atas kerusakan yang diakibatkan oleh perpindahan lintas batas limbah B3 serta pembuangannya.

-Ri-